Selasa, 26 September 2017

10 TIPS MENGATASI DAN MENGHILANGKAN NYERI HAID DENGAN CEPAT

Related image

cara meredakan nyeri haid hari pertama - Nyeri Haid yaitu salah satu permasalah yang sering menimpa wanita yang tengah haid. Persoalan yang satu ini tidak cuma mengganggu kesibukan seorang, namun juga buat suasana hati seseorang wanita jadi lebih jelek dan peka.

Untuk menangani dan menyingkirkan nyeri haid ini, biasanya beberapa orang juga akan meminum obat pereda nyeri haid yang telah banyak di jual dipasaran. Tetapi tidak kebanyakan orang sukai meminum obat hingga memerlukan cara yang lain untuk menyingkirkan rasa nyeri di saat haid itu.

Terdapat beberapa cara beda yang dapat dilakukan untuk menyingkirkan nyeri haid terkecuali meminum obat yang dapat anda kerjakan. Beberapa cara itu yaitu cara yang dianjurkan oleh pihak medis buat mereka yg tidak sukai minum obat pereda nyeri. Dan langkah tersebut sangat mudah dilakukan.

Berikut ini 10 cara menangani dan menyingkirkan nyeri haid secara cepat.

1. Berbaring 

Berbaring yaitu salah satu cara mudah yang dapat anda kerjakan untuk menangani dan menyingkirkan nyeri haid. Hal semacam ini karena biasanya nyeri haid pertama kalinya muncul dibagian punggung hingga dengan berbaring juga akan menolong meredakan nyeri haid itu.

Agar akhirnya semakin bagus, baiknya pakai kasur atau sofa yang nyaman dan baiknya tempatkan bantal dibawah lutut jadi penyangga. Saat berbaring, ambillah napas panjang dan dalam-dalam lalu hempaskan. Kerjakan pengambilan nafas itu dengan berkali-kali agar rasa nyeri saat haid cepat hilang.

2. Berolahraga 

Terkecuali membaringkan badan, anda juga perlu melakukan berolahraga dengan teratur untuk menangani dan menyingkirkan nyeri haid. Berolahraga yang di maksud untuk menangani nyeri haid ini yaitu berolahraga enteng seperti jalan kaki, berenang, dan bersepeda.

Dalam olahraga, kerjakan saja seperlunya, janganlah terlalu memaksakan diri karena hal itu dapat buat nyeri haid jadi bertambah.

Baca juga : senam untuk wajah yang mengendur

3. Kompres Dengan Air Hangat 

Agar nyeri saat haid dapat diatasi dan di hilangkan, anda juga perlu mengompres badan mu terlebih di ruang perut bawah. Anda dapat mengompresnya dengan memakai handuk yang dicelupkan ke air hangat lalu menempatkan handuk itu ke atas perut.

Terkecuali memakai handuk, anda dapat juga memasukkan air hangat itu kedalam botol maupun kedalam kantong karet dan memakainya untuk mengompres. Dengan mengompres memakai air hangat itu, juga akan buat otot badan jadi lebih santai dan hal itu juga akan buat peredaran darah jadi lebih lancar. Lancarnya peredaran darah juga akan buat nyeri di saat haid jadi menyusut.

4. Pijat Perut 

Terkecuali mengompres ruang perut bawah dengan air hangat, anda juga perlu melakukan pemijatan pada ruang perut bawah mu. Dalam memijat perut, baiknya kerjakan dengan perlahan-lahan dengan tenaga seperlunya saja. Agar lebih mudah dan semakin bagus, anda dapat memakai minyak bayi maupun cream untuk menolong pemijatan.

5. Minum Minuman Hangat 

Meminum minuman hangat dapat juga menolong menangani dan menyingkirkan rasa nyeri di saat haid. Namun anda tidak bisa sembarang meminum minuman hangatnya, anda harus hindari minuman hangat yang memiliki kandungan alkohol, gula tinggi dan cafein.

Minuman hangat yang perlu di jauhi yaitu kopi dan teh. Kopi memiliki kandungan cafein yang cukup tinggi. Sedang teh walau dipandang tidak memiliki kandungan cafein, namun faktaya teh juga memiliki kandungan cafein yg tidak pas untuk orang haid.

Lalu minuman hangat apa yang sebainya di minum oleh orang yang alami nyeri haid? Masih tetap terdapat beberapa minuman yang bagus di mengkonsumsi oleh orang yang alami nyeri haid seperti jahe hangat maupun minuman STMJ (Susu, Telor, Madu, dan Jahe).

6. Atur Alur Makan 

Di saat haid, anda harus juga mengatur alur makan anda dengan baik dan baiknya janganlah melupakan makan. Tetapi saat makan, baiknya konsumsilah dengan jumlah yang kecil saja tetapi teratur.

Dan anda harus hindari makanan berlemak, makanan yang tinggi kalori, dan minuman bersoda. Lalu makanan apa yang bagus? Buah-buahan yang masih tetap fresh yaitu pilih yang sangat bagus untuk orang haid dan orang yang tengah alami nyeri haid.

7. Mandi Air Hangat 

Terkecuali mengkompres dengan air hangat dan minuman hangat, anda dapat juga mandi dengan air hangat untuk menangani dan menyingkirkan nyeri haid. Dengan mandi air hangat, badan juga akan jadi lebih santai hingga rasa nyeri di saat haid juga akan menyusut.

8. Konsumsi Kunyit Asam 

Untuk anda yg tidak sukai minum obat pereda nyeri haid, anda dapat konsumsi kunyit asam jadi pengganti nya. Kunyit asam memiliki beragam kandungan dan anti inflamasi yang sangat bagus di mengkonsumsi untuk orang yang tengah haid. Terkecuali dapat meredakan nyeri di saat haid, kunyit asam dapat juga menolong memperlancar haid tersebut.

9. Istirahat yang Cukup 

Istirahat yaitu hal yang perlu dilakukan untuk orang yang tengah haid terlebih untuk mereka yang alami nyeri haid. Dengan istirahat yang cukup juga akan buat badan jadi lebih santai dan bugar hingga rasa nyeri sewaktu haid juga akan menyusut.

10. Pergi ke Dokter 

Bila beberapa cara di atas telah dilakukan dan nyeri haid masih tetap saja terasa sangat nyeri, baiknya anda datang dan berkonsultasi dengan Dokter paling dekat. Begitu anda dapat ketahui apa sajakah yang perlu dilakukan selanjutnya sesuai sama anjuran yang Dokter beri.

Sekianlah 10 cara menangani dan menyingkirkan nyeri haid yang bisa anda kerjakan dengan mudah. Mudah-mudahan berguna dan mudah-mudahan nyeri nya cepat hilang ya agar anda dapat melakukan aktivitas dengan normal kembali.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Know us

Our Team

Contact us

Nama

Email *

Pesan *