Jumat, 15 September 2017

Jangan Sayang Dibuang, Ini 3 Tanda Make Up Telah Kadaluwarsa

Related image

cara mengetahui masa kadaluarsa makeup - Selain baju, kosmetik adalah elemen penting untuk menyempurnakan tampilan wanita. Tetapi sebelumnya memakainya, pastikan mengecek dulu peralatan kosmetikmu. Terkadang karena tak tahu tulisan expired pada kemasannya nya telah terhapus atau stiker expired datenya telah hilang, jadi menyebabkan kesangsian apakah kosmetik masih tetap layak gunakan atau tidak. Pasalnya memakai kosmetik kadaluarsa juga berisiko mengakibatkan beragam jenis problem kulit. Misalnya saja, iritasi kulit, kulit melepuh, masalah kulit jerawat yang kronis, peradangan, keracunan, dan beda sebagainya.

Setiap product kosmetik memiliki masa kadaluarsa yang berlainan, misalnya kosmetik yang bahan dasarnya terbuat dari tumbuhan biasanya memiliki kadaluarsa lebih singkat. Karena bila memakai bahan alami jadi bahan dasarnya maka biasanya tidak memakai bahan pengawet. Umumya bahan pengawet ditambahkan jadi mencegah kerancuan bakteri melalui udara. Dengan umum ada beberapa kosmetik yang dapat bertahan dalam satu tahun lebih misalnya lipstik atau lip gloss, alas bedak, dan bedak. Diluar itu juga terdapat kosmetik yang memiliki masa kadaluarsa yang bertahan sampai hitungan bulan saja, maskara, eye shadow, dan blush on termasuk salah satunya.

Bahan kosmetik yang berupa cream seperti blush on semakin lebih cepat kadaluarsa dibanding dengan kosmetik yang memiliki bahan bubuk. Sebab, kosmetik yang berupa cream memiliki bahan basic air yang lebih cepat masa kadaluarsanya dibanding dengan kosmetik yang memiliki bahan basic minyak.

Terkecuali bahan basic membuatnya, ada beberapa aspek sebagai penyebabnya masa kadaluarsa kosmetik jadi berlainan, yakni :

Cara penggunaannya 

Kosmetik yang digunakan dengan memakai jari, berisiko terkontaminasi bakteri semakin besar dibanding dengan memakai kuas, hingga masa kadaluarsanya semakin lebih pendek.

Cara penyimpanannya 

Kosmetik baiknya disimpan setelah digunakan dengan ditutup rapat. Demikian kita buka kemasannya awalilah terjadi sistem kerancuan pada kuman. Oleh karenanya kosmetik harus tetaplah tertutup rapat. Dengan tertutup rapat maka juga akan kurangi jumlah kuman yang masuk kedalam kosmetik.

Baca juga : tips membuat ombre lips

Berikut tanda-tanda make-up yang telah kadaluarsa :

Aroma Tidak Enak 

Anda pantas berprasangka buruk jika product kosmetik yang biasanya anda pakai tidak berbau atau memiliki wangi khusus, tiba – tiba keluarkan aroma yang kurang enak. Beberapa product kosmetik yang sering menyebabkan bau atau aroma tidak enak ketika telah tidak baik untuk dipakai sekali lagi diantaranya, lipstik, foundation, bedak, dan maskara. Seperti pada maskara, bagian dalam tabung maskara yang hitam dan lembab adalah tempat yang subur untuk perkembangbiakan bakteri.

Perubahan Tekstur 

Penting untuk memerhatikan struktur product kosmetik yang anda pakai. Udara yang masuk saat paket kosmetik terbuka juga akan mengundang banyak bakteri, dan bila sempat membiarkan paket terbuka demikian saja, maka juga akan merubah teksturnya. Lipstik yang telah tidak baik untuk dipakai sekali lagi biasanya mulai keluar bercak atau bintik-bintik kecil.

Perubahan Warna 

Ketika warna produk kosmetikmu telah berubah atau tidak pekat, maka bersiap-siaplah saja untuk menggantinya membuangnya. Misalnya pada blush on. Perubahan warna pada blush on yang terlihat kusam dan kelabu dapat terlihat diindikasikan jadi tanda kalau blush onmu telah masuk masa kadaluarsa. Blush on bubuk biasanya dapat bertahan sampai 2 th., sesaat blush on cream dapat bertahan 6 bulan sampai 1 th..

Terkecuali memerhatikan masa gunakan dan sinyal tanda kadaluarsa, baiknya memerhatikan penyimpanan product kosmetikmu. Pastikan beberapa produk kosmetik ditutup dengan rapat dan disimpan ditempat yang sejuk, dan jauhkan dari paparan cahaya matahari.

Bila menjumpai product kosmetikmu telah kadaluwarsa, janganlah dipending untuk membuangnya, terlebih memaksakan untuk digunakan ya. Harga nya yang mahal, tidak semahal harga yang perlu dibayar bila kulitmu alami alergi karena itu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Know us

Our Team

Contact us

Nama

Email *

Pesan *